PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Gambar 1. Blog
A. Konsep Blog
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah aplikasi atau layanan web yang dibuat untuk memudahkan pengguna mempublikasikan informasi melalui tulisan-tulisan. Blog juga dapat diartikan sebagai sebuah aplikasi web yang digunakan untuk mempublikasikan berbagai informasi dalam sebuah postingan. Media blog didirikan oleh sebuah perusahaan pada tahun 1999 dan dipopulerkan pertama kali oleh blogger.com. Layanan blog pada blogger.com memungkinkan siapa pun dapat menciptakan blog secara online dengan gratis. Membuat blog cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Hingga saat ini blog sudah semakin berkembang dan menjadi media publikasi dari berbagai bidang. Menurut Rachman Hakim, blog yaitu website yang terdiri dari postingan-postingan.
Pemilik blog dapat memposting tulisan atau konten, gambar, maupun video secara online sehingga pengunjung dapat mendownload semua postingan yang masukkan ke blog. Membuat blog sangat gampang, tidak membutuhkan pengetahuan pemrograman yang sulit. Untuk mendaftar di blog, hanya membutuhkan email dan mengikuti beberapa Langkah yang bisa dipelajari dalam waktu yang singkat. Media blog memiliki sifat yang dinamis dan universal sehingga bisa diakses oleh siapa pun, dan di mana pun. Dalam bidang pendidikan, media blog dapat memberikan dimensi baru untuk meningkatkan proses pembelajaran dan menjadi sumber referensi bagi mahasiswa maupun dosen. Media blog merupakan sebuah peluang untuk menjadikan kegiatan belajar lebih interaktif dan menarik. dosen dapat mempublikasikan materi-materi dan bisa diakses oleh mahasiswa. Sehingga dapat membantu mahasiswa mendapatkan sumber referensi yang dibutuhkan.4Ada beberapa jenis blog di antaranya adalah blog pribadi, blog bertopik, blog Kesehatan, blog politik, blog sastra, blog perjalanan, blog bisnis, blog pendidikan, dan masih banyak lagi blog yang lainnya.Blog adalah sebuah situs web yang dapat mempublikasikan konten secara reguler dalam bentuk tulisan, gambar, audio, atau video. Konten dalam blog disajikan dalam bentuk postinganpostingan yang diurutkan berdasarkan waktu publikasi terbaru di bagian atas halaman.
Pentingnya blog telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir karena memberikan sarana yang mudah dan terjangkau untuk berbagi pengetahuan, mengungkapkan kreativitas, membangun jejaring, dan bahkan menghasilkan pendapatan melalui berbagai metode, seperti iklan dan pemasaran afiliasi.Blog mempunyai struktur yang sangat relevan, terdiri atas header (bagian kepala) yang memiliki menu dan bar navigasi. Kedua, ada bagian bodi (badan sebuah blog) yang menampilkan postingan-postingan sebuah topik blog terbaru. Ada juga sidebar yang memunculkan profil media sosial author dan postingan terpopuler.Terakhir, footer (bagian kaki) memuat informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak. Setiap aspek yang ada pada struktur blog sangat berperan penting dalam memudahkan para pengunjung situs untuk melakukan navigasi dan mencari konten yang mereka sukai.
Penggunaan web blog sebagai media pembelajaran merupakan upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa, sehingga ada cara yang bisa digunakan untuk memudahkan guru fisika dalam melaksanakan proses pengajaran terhadap siswa salah satunya adalah media pembelajaran fisika berbasis web blog dengan menggunakan koneksi internet. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan web blog sebagai media pembelajaran fisika dengan topik materi momentum dan impuls. WeBlog dapat dirangkum sebagai kumpulan tulisan pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan tautan internet, dokumen-dokumen seperti word, excel, PDF, gambar ataupun multimedia lainnya.Situs web seperti ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik atau bahasan dan tujuan dari para pengguna blog tersebut. Kenyataan bahwa pengetahuan mahasiswa masih minim terkait dengan blog, maka perlu diadakannya pelatihan pembuatan blog pendidikan. Pada pembuatan blog pendidikan ini, mahasiswa yang nantinya sebagai peserta akan diberikan materi dan dibimbing cara membuat postingan atau konten terkait pendidikan. Pemaparan materi pelajaran menggunakan blog bisa menjadi alternative dan membantu pembelajaran yang dilakukan para guru didalam kelas. Konten terkait pendidikan dipilih, agar materi yang disebarkan lewat blog nanti akan berhubungan dengan fungsi mahasiswa sebagai agen of change di masyarakat. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan cara praktek langsung disertai dengan presentasi, diskusi dan menggunakan laptop untuk memberikan pemahaman langsung kepada peserta pelatihan.
B. Fungsi dan Manfaat Blog sebagai Media Pembelajaran
1. Fungsi pembelajaran berbasis blog
Blog memiliki fungsi yang beragam, diantaranya adalah sebagai catatan harian, media publikasi, dan juga web portal. Pengunjung blog dapat leluasa membaca dan memberi komentar pada setiap tulisan yang telah diposting. Melalui blog mahasiswa memiliki potensi untuk berekspresi dan mengasah kemampuannya dalam menulis. Apalagi blog dapat digunakan secara gratis.
a. Media untuk menulis
Fungsi pertama dari sebuah blog tentu saja sebagai media para penulis untuk menyampaikan ide serta segala pemikirannya dalam bentuk tulisan. Bukan hanya menyampaikan ide, menulis dalam sebuah blog dapat Anda lakukan sebagai penyalur hobi.Misalnya, Anda memiliki hobi atau ketertarikan dengan dunia otomotif maka blog dapat Anda gunakan untuk membuat review berbagai otomotif. Jenis tulisan apa saja yang dapat Anda salurkan dalam blog itu? Anda juga dapat menceritakan tentang berbagai pengalaman Anda atau juga mungkin cerita fiksi.
b. Mendapatkan uang dari blog
Selanjutnya, fungsi yang membuat blog ini sebagai salah satu pekerjaan adalah mendapatkan uang. Oleh karena itu, sebagai penulis ini bisa menggabungkan minat menulis dengan hobi lain dan menghasilkan uang. Caranya sangat mudah, cukup pasang iklan apa saja yang berkaitan dengan blog dan dapat juga dilakukan dengan memasang Google AdSense atau bekerja sama dengan brand lain.
c. Meningkatkan traffic website bisnis
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya dalam penjelasan mengenai apa itu blog, mulai tahun 2000-an blog sudah digunakan lebih luas untuk tujuan pemasaran. Nah, tujuan penggunaan blog ini masuk dalam ranah digital marketing.Para digital marketer pasti akan menyarankan pembuatan blog pada website perusahaan untuk meningkatkan traffic website bisnisnya. Sehingga, nantinya perusahaan dapat memperoleh lebih banyak leads dari blog yang audiens baca.
d. Portofolio online
Apa sih fungsi lain dari membuat blog itu? Fungsi lain yang dari membuat sebuah blog adalah sebagai portofolio online. Untuk blog profesional, tentunya para penulis ini sudah memiliki beberapa klien atau kerja sama dengan brand lain untuk kemudian mereka promosikan atau review.
2. Manfaat blog sebagai media pembelajaran
Pesatnya perkembangan blog di Indonesia tentunya menjadi inpirasi baru bagi para guru. Banyak guru yang sudah memanfaatkan media ini sebagai media dan pusat belajar di sekolah. Hal ini cukup efektif karena jumlah pengguna internet di Indonesia cukup signifikan, dan mayoritas digunakan oleh para pelajar. Jika teknologi dapat diadaptasi menjadi media dan sumber belajar, tentunya akan sangat membantu guru dan para siswa dalam mengajar dan belajar di sekolah. ada beberapa manfaat blog sebagai media dan sumber belajar di sekolah, antara lain sebagai berikut.
a. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. Karena media cetak cukup terbatas untuk memuat tulisan-tulisan kita, blog dapat menjadi penyaluran kreativitas menulis karena bisa langsung dipublikasikan tanpa editing.
b. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar Blog akan memudahkan guru karena segalanya dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa. Sementara siswa dapat dengan mudah mengunduhnya tanpa dibatasi waktu dan ruang. Cara tersebut tentunya dapat menghemat waktu, tenaga, biaya.
c. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswaDengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para siswa bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.
d. Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan murah.
e. Blog dapat menjadi media silaturahim Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia. Mengingat begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pemanfaatn blog sebagai media dan sumber belajar guru dan siswa, para guru tentunya dapat mencoba menerapkan media tersebut. Memiliki blog artinya memilki rumah maya. Di rumah tersebut, kita bisa mengisi dengan apa pun yang bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk menunjang tugas guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.
C. Metode Pembelajaran dengan Blog
Teknik pembelajaran berbasis blog merujuk pada strategi atau metode pengajaran yang memanfaatkan blog sebagai alat atau platform utama untuk menyampaikan materi pembelajaran, berinteraksi dengan siswa, dan memfasilitasi pembelajaran secara online. Dalam konteks ini, blog digunakan sebagai wadah untuk menggabungkan berbagai elemen pembelajaran, seperti teks, gambar, video, dan interaksi online, dengan tujuan meningkatkan pengalaman belajar siswa.9Berikut adalah beberapa aspek yang mencakup pengertian teknik pembelajaran berbasis blog:
1. Penyajian materi pembelajaran
Blog digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran, termasuk teks, gambar, video, atau sumber daya lainnya. Guru dapat mengorganisir informasi tersebut dalam postingan yang mudah diakses oleh siswa.
2. Interaksi dan diskusi
Blog memungkinkan interaksi antara guru dan siswa melalui komentar, tanggapan, atau diskusi online. Siswa dapat berpartisipasi dalam dialog, bertanya pertanyaan, atau berbagi pandangan mereka terhadap materi pembelajaran.
3. Tugas dan proyek online
Guru dapat memberikan tugas atau proyek kepada siswa yang dapat diselesaikan dan diunggah melalui blog. Ini menciptakan platform di mana siswa dapat berbagi hasil kerja mereka dan menerima umpan balik dari guru dan sesama siswa.
4. Portofolio digital
Siswa dapat menggunakan blog sebagai wadah untuk membuat portofolio digital mereka. Mereka dapat mengumpulkan dan menampilkan proyek-proyek, tulisan, atau karya seni terbaik mereka selama masa pembelajaran.
5. Refleksi dan jurnalisme siswa
Blog memberikan siswa kesempatan untuk merefleksikan pengalaman belajar mereka, mencatat perkembangan, atau mengekspresikan pendapat dan ide mereka melalui tulisan.
6. Proyek Bersama
Menggunakan blog sebagai tempat untuk proyek bersama. Siswa dapat bekerja sama secara online untuk menciptakan konten kreatif atau berpartisipasi dalam kegiatan kompetisi.
7. Konten Multimedia
Menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan berbagai jenis konten multimedia, seperti video, gambar, atau audio, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
Penerapan teknik pembelajaran berbasis blog ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga mempromosikan kemampuan literasi digital, kolaborasi, dan keterampilan komunikasi online. Dengan memanfaatkan blog sebagai alat pembelajaran, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan responsif.
Materinya sangat membantu
BalasHapus